Hari ini Tiga Juta Jamaah Haji Wukuf di Arafah

posted in: activities | 0

ARAFAH – Siang ini pukul 13.00 waktu Arab Saudi (Sore pukul 17.00 WIB) sekitar tiga juta jamaah haji dari seluruh dunia, berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf, yang merupakan puncak ibadah haji.

Nabi Muhammad saw mengatakan, ”Al-Hajju Arafah (Haji itu (wukuf) di Arafah).” Sejak kemarin petang, setelah shalat Maghrib, para jamaah haji — dengan mengenakan pakaian ihram yang serba putih — mulai meninggalkan pemondokan mereka di Makkah. Mereka secara bergelombang hingga besok pagi pergi menuju Padang Arafah — yang berjarak sekitar 25 km dari Mekah — dengan mengendarai bus.

Bagi jamaah haji yang sedang sakit, ibadah wukuf-nya akan dibantu oleh petugas haji. Mereka akan di-safariwukuf-kan menggunakan ambulance dan bus-bus khusus yang dilengkapi peralatan kesehatan yang memadai. Untuk pengamalan ibadahnya akan dibantu oleh pembimbing ibadah dari Departemen Agama. ”Dengan begitu, orang yang sakit pun akan tetap bisa melaksanakan ibadah haji.”

Untuk melaksanakan wukuf, para jamaah haji harus berada di Arafah saat matahari mulai tergelincir hingga waktu Ashar. Wakuf diawali dengan mendengarkan khutbah di tenda masing-masing.

Khutbah wukuf ini disampaikan oleh ulama atau tokoh masyarakat dari masing-masing negara. Usai mendengarkan khutbah, mereka melaksanakan shalat Zuhur dan Ashar yang dilakukan secara jamak dan qashar (dilaksanakan secara berurutan dengan masing-masing dua rakaat). Setelah itu dilanjutkan dengan membaca Alquran, zikir, dan berdoa hingga waktu Ashar.

Usai melaksanakan ibadah wukuf, para jamaah haji mempersiapkan diri meninggalkan Arafah. Setelah Maghrib, semua jamaah menuju Mina untuk melontar Jumrah.

Sebelum tiba di Mina — sekitar 15 km dari Arafah — lewat tengah malam mereka mabit di Muzdalifah untuk mengambil batu bagi melempar Jumrah. Selama tiga hari, mulai 10 Dzulhijjah yang jatuh pada Sabtu, 4 Oktober 2014, jamaah haji akan berada di Mina.

Pada Sabtu pagi, setelah melempar Jumrah di Mina, sebagian jamaah ada yang langsung pergi ke Masjidil Haram untuk menunaikan shalat Idul Adha dan thawaf ifadhah, dan kembali ke Mina sebelum Ashar.

Bagi warga Arab Saudi yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji, mereka melaksanakan shalat Idul Adha di masjid-masjid terdekat. Sedangkan bagi warga Makkah, sebagian besar melaksanakan shalat Idul Kurban ini di Masjidil Haram.

Di Indonesia, masyarakat akan melaksanakan shalat Idul Adha pada Minggu, 5 Oktober 2014 sesuai ketentuan pemerintah. Sedangkan warga Muhammadiyah dan umat Islam lainnya akan melakukan Idul Adha sehari sebelumnya, yakni pada Sabtu, 4 Maret 2014.

Perbedaan ini, tidak perlu dipersoalkan karena masing-masing berdasarkan dalil agama. Pemerintah menggunakan rukyah (melihat langsung hilal), sedangkan Muhammadiyah memakai hisab (hitungan).

Yuk rayakan Idul Adha di rumahmu dengan kelezatan kue-kue khas Amanda Brownies

Leave a Reply